6 Tanda Ini Kamu Rasakan Saat Pakai Produk Skincare? Hentikan, Kalau Nggak Mau Wajah Rusak!

Merawat kulit wajah agar tetap sehat dan glowing penting hal penting bagi setiap perempuan. Saat ini tersedia jenis-jenis produk skincare dengan bermacam kegunaan untuk kulit wajah.

6 Tanda Ini Kamu Rasakan Saat Pakai Produk Skincare? Hentikan, Kalau Nggak Mau Wajah Rusak!

Merawat kulit wajah agar tetap sehat dan glowing penting hal penting bagi setiap perempuan. Saat ini tersedia jenis-jenis produk skincare dengan bermacam kegunaan untuk kulit wajah.

Setiap produk memiliki manfaatnya sendiri, sehingga penggunaan skincare dengan berbagai macam produk yang sesuai kebutuhan kulit. Penggunaan semua jenis produk skincare pada wajah bertujuan untuk mendapatkan kulit wajah sehat, cerah, dan glowing.

Akan tetapi, jarang disadari terlalu banyak menggunakan skincare dapat berdampak buruk bagi kulit wajah loh, Beauties. Menurut Jessica Wu seorang dermatologi, seperti yang dilansir dari The Healthy, menjelaskan beberapa dampak yang dapat terjadi pada wajah karena penggunaan skincare. Simak yuk, Beauties!

1. Ada Rasa Terbakar atau Perih

Menggunakan bermacam produk skincare dan saat diaplikasikan ke wajah mengalami rasa perih dan terbakar, sebaiknya dihentikan. Produk skincare tidak boleh menyebabkan rasa perih dan terbakar karena itu adalah rasa alergi.

Namun, beberapa produk mengandung enzim dan asam yang dapat menyebabkan sengatan ringan pada kulit. Apabila rasa perih tersebut berkelanjutan, sebaiknya berhenti menggunakan produk tersebut. Karena, kulit wajah memberikan reaksi alergi atau tidak cocok.

2. Kulit Terasa Kering dan Mengelupas

Pengelupas kulit di sekitar hidung dan mulut biasanya terjadi karena penggunaan produk skincare berbahan retinoid atau benzoil peroksida secara berlebihan. Kedua bahan tersebut berguna untuk pengelupasan kulit ringan untuk membentuk kolagen baru. Namun, apabila menyebabkan iritasi dan pengelupasan berlebihan menandakan produk skincare yang digunakan tidak cocok pada kulit wajah ya, Beauties.

3. Timbul Ruam dan Gatal

Beberapa produk skincare yang sering digunakan terkadang mengandung bahan-bahan aktif dan bahan tidak aktif yang berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi karena skincare mengandung wewangian dan bahan kimia. Apabila wajah muncul tanda ruam dan gatal, Beauties disarankan untuk mencoba berhenti memakai produk-produk tersebut agar tidak semakin parah.

4. Perubahan Pigmentasi

Setelah mencoba produk skincare baru dan mengalami perubahan pigmentasi seperti bintik-bintik pada tulang pipi itu menandakan reaksi alergi pada kulit karena kandungan bahan-bahan tertentu. Perubahan pigmentasi terjadi dengan skincare untuk mencerahkan kulit, seperti asam kojic, arbutin, dan hidrokuinon. Penggunaan skincare dengan kandungan tersebut diharapkan untuk berhenti penggunaan sementara sampai kulit membaik.

5. Iritasi dan Kemerahan

Menggunakan produk skincare dengan bahan asam salisilat dan benzoil peroksida dapat mengiritasi dan mengeringkan lapisan atas kulit yang membuat kulit lebih merah dan sensitif. Hal tepat yang harus dilakukan adalah berhenti dengan penggunaan skincare dengan bahan tersebut, agar kulit tidak semakin iritasi.

6. Kulit Semakin Berminyak

Saat kulit terasa semakin licin karena penggunaan skincare yang berlebihan tandanya kulit sedang menghilangkan minyak aslinya. Sehingga, ketika Beauties terlalu banyak menggunakan produk untuk wajah yang keras dan kurang pelembap, kulit wajah akan mengimbangi dan menghasilkan lebih banyak minyak.