Jangan Buru-buru Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bagus untuk Kesehatan!

Pada umumnya, kulit buah akan berakhir di tempat sampah. Selain rasanya yang tidak lebih lezat dari daging buah, sebagian orang percaya bahwa kulit buah tidak memiliki kandungan apapun yang bermanfaat bagi tubuh.

Jangan Buru-buru Dibuang, 5 Kulit Buah Ini Ternyata Bagus untuk Kesehatan!

Pada umumnya, kulit buah akan berakhir di tempat sampah. Selain rasanya yang tidak lebih lezat dari daging buah, sebagian orang percaya bahwa kulit buah tidak memiliki kandungan apapun yang bermanfaat bagi tubuh.

Padahal, penelitian membuktikan bahwa beberapa kulit buah justru memiliki nutrisi yang lebih tinggi berkali-kali lipat dibanding daging buahnya, lho!

Penasaran kulit buah apa saja yang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Kulit Buah Apel

Kulit buah apel sudah terkenal akan kedahsyatan manfaatnya. Bahkan menurut Cornell University, membuang kulit buah saat memakan apel akan menghilangkan hampir setengah dari manfaat apel tersebut lho, Beauties.

Dilansir dari laman Dr. Health Benefits, kulit apel itu sendiri mengandung triterpenoid yang bagus untuk melawan sel-sel kanker, antioksidan untuk mencegah penyakit jantung dan mengatur kadar gula dalam darah, vitamin C yang bagus untuk kulit juga mempertahankan daya tahan tubuh, dan vitamin A yang terkenal untuk menyehatkan mata.

Kulit Buah Jeruk

Beauties, belum banyak yang tahu jika kulit jeruk ternyata kaya akan vitamin. Dilansir dari laman QIPA.org, satu sendok makan kulit jeruk (6 gram) mengandung vitamin C tiga kali lipat lebih tinggi serta serat empat kali lipat lebih tinggi dari daging buahnya, sehingga bagus untuk kesehatan jantung dan mencegah kanker. Kulit jeruk juga mengandung vitamin A, tiamin, riboflavin, vitamin B6, asam folat, kalsium, dan polifenol.

Untuk cara mengonsumsinya, kamu bisa langsung memakan kulit jeruk yang baru dikupas bersama yoghurt, salad, atau menambahkannya dalam smoothie. Namun, jika kamu baru coba-coba, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam porsi kecil agar tidak memicu masalah pencernaan.

Kulit Buah Kiwi

Pernahkah terpikir olehmu untuk memakan kulit kiwi yang berbulu?

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kulit kiwi mengandung segudang manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Healthline, kulit kiwi mampu menambah kadar serat dalam tubuh sebanyak 50 persen, meningkatkan kadar asam folat sebesar 32 persen, dan menambah konsentrasi vitamin E sebesar 34 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan memakan daging buah kiwinya saja. Bahkan, persentase dua antioksidan kuat seperti vitamin C dan vitamin E ditemukan paling banyak dalam kulit kiwi dibanding daging buahnya.

Jika kamu ingin langsung memakan kulitnya tanpa diolah, kamu bisa membersihkan bulu halus kiwi dengan sikat sayuran atau membersihkan permukaan kulit dengan handuk. Kamu bisa juga bisa merebus kulit kiwi dan meminum airnya sebagai teh kulit kiwi yang bisa membantu meratakan perutmu.

Kulit Buah Tomat

Manfaat kulit tomat bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Menurut penelitian berjudul "Evaluation of Nutritional Value and Antioxidant Activity of Tomato Peel Extract“ yang dipublikasikan laman jurnal Science Direct, kulit dan biji tomat memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi, kaya akan antioksidan seperti flavonoid, asam fenol, likopen, dan asam askorbat. Selain itu, kulit tomat juga diperkaya dengan selenium, kalsium, dan zinc.

Kulit tomat dapat langsung dikonsumsi begitu saja bersama daging buahnya. Namun, jika ingin sedikit bervariasi, kamu bisa mengeringkan kulit tomat dan menjadikannya serbuk. Gunakan serbuk ini ketika hendak memperkuat cita rasa tomat pada masakanmu.

Kulit Buah Mangga

Buah mangga adalah salah satu buah yang paling sering diolah. Lalu bagaimana dengan kulitnya? Apakah juga bisa dimakan?

Ternyata, kulit mangga juga mengandung nutrisi yang bisa menjaga daya tahan tubuh lho! Dilansir dari laman kulit mangga mengandung fitonutrien yang dapat melawan infeksi, triterpen dan triterpenoid yang menjaga kadar gula darah, serta flavonoid yang dapat mencegah penuaan dini.

Selain itu, kulit mangga dapat menjadi penambah metabolisme, memudahkan pergerakan usus, dan melancarkan sistem pencernaan. Ketiga manfaat ini nantinya turut berkontribusi dalam menurunkan berat badan, Beauties.

Untuk cara konsumsinya, kamu bisa memotong kulit mangga yang sudah dicuci bersih, lalu memanggangnya dalam oven hingga kering dan menjadi keripik. Tapi perlu diingat! Kulit mangga mungkin bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang. Jadi, tetap pertimbangkan pantangan menu makananmu sebelum mencoba!

Itu dia 5 kulit buah yang boleh dimakan dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kulit buah mana yang sudah pernah kamu coba, Beauties?