Sering Mengganggu Saat Bekerja, Ini Kiat Ampuh Mengurangi Rasa Nyeri Saat Datang Bulan

Setiap bulannya, perempuan usia produktif yang belum menopause akan kedatangan 'tamu bulanan'. Umumnya hal ini akan berlangsung selama 5-7 hari. Biasanya, keluhan yang timbul karena datang bulan adalah rasa nyeri, sakit, maupun kram pada perut. Hal ini disebut juga dismenore. Pada dasarnya, nyeri yang kamu rasakan merupakan hal yang normal apabila masih dapat dikendalikan dan diredakan.

Sering Mengganggu Saat Bekerja, Ini Kiat Ampuh Mengurangi Rasa Nyeri Saat Datang Bulan

Setiap bulannya, perempuan usia produktif yang belum menopause akan kedatangan 'tamu bulanan'. Umumnya hal ini akan berlangsung selama 5-7 hari. Biasanya, keluhan yang timbul karena datang bulan adalah rasa nyeri, sakit, maupun kram pada perut. Hal ini disebut juga dismenore. Pada dasarnya, nyeri yang kamu rasakan merupakan hal yang normal apabila masih dapat dikendalikan dan diredakan.

Namun, nyeri yang timbul karena datang bulan terkadang sering menghambat pekerjaan. Selain membuat mood buruk dan suasana hati jadi nggak menentu, nyeri haid juga biasanya membuat kamu uring-uringan dan malas beraktivitas.

Untuk itu, supaya kamu tetap produktif dan nggak membatasi aktivitas, kamu dapat mencoba beberapa tips ini:

1. Minum Air Putih Hangat

Meminum air putih hangat saat datang bulan bisa membantu membuat perutmu terasa nyaman dan mengurangi sedikit rasa nyeri. Mengonsumsi air juga dapat meredakan tubuh kamu dari kembung, yang dapat membuat perut bertambah sakit saat datang bulan.

2. Konsumsi Pereda Nyeri

Melansir dari laman Promkes Kemenkes, apabila rasa nyeri tak tertahankan dan menghambat aktivitas saat bekerja, maka kamu bisa mencoba obat anti peradangan yang bersifat non steroid, tapi sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan tenaga kesehatan.

Untuk memudahkan, cobalah melakukan konsultasi online pada platform kesehatan yang terpercaya.

3.  Kompres dengan Air Hangat

Kamu dapat mencoba meletakkan kompres air hangat di atas perut untuk meredakan nyeri. Panas yang dihantarkan melalui botol yang terisi air panas akan membantu membuat otot yang berkontraksi pada rahim menjadi lebih rileks.

4. Membuat Ramuan Pengurang Rasa Nyeri

Mengutip dari Kemenkes RI, kamu dapat membuat ramuan pereda nyeri haid dengan bahan:

  • 3 iris rimpang temu lawak
  • 8 butir biji kedawung
  • 1/3 genggam daun sembung
  • 3 gelas air
  • Asam jawa secukupnya
  • Gula aren secukupnya

Selanjutnya, didihkan air dan masukkan biji kedawung yang sudah dimemarkan, lalu tunggu 5 menit dan masukkan rimpang temulawak, asam jawa, dan daun sembung. Rebus selama 10 menit dan masukkan gula aren saat ingin mengangkat rebusan. Minuman ini dapat kamu konsumsi dua kali sehari selama nyeri haid masih terasa.

5.  Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Timbulnya rasa nyeri saat menstruasi dapat terjadi karena tingkat kalium pada tubuh yang rendah, sehingga menjelang menstruasi dan selama siklus menstruasi kami merasakan sakit dan kram pada perut.

Untuk itu, kamu dapat mencegahnya juga dengan mengonsumsi makanan tinggi kandungan kalium, seperti ubi jalar, kismis, pisang, kacang, yoghurt, dan salmon.